Kamis, 10 Oktober 2013

Alasan Meteor Rusia Tak Terdeteksi

Alasan Meteor Rusia Tak Terdeteksi


 18 Feb 2013   Posted by Gosip Artis  0 Comment


Meteor Rusia Tak Terdeteksi
Sebab Meteor Rusia Tak Terdeteksi  – Biasanya, pada saat meteor akan menghantam bumi, para astronom sudah dapat memprediksi sebelum terjadinya benturan. Namun, kala benda langit itu memukul Kota Chelyabinsk, bagian timur Rusia, Sabtu, 16 Februari 2013, tak ada prediksi atau peringatan apa pun.
Alhasil, meteor berukuran 50 kaki, sekitar 17 meter, itu menumbuk bumi dan melukai lebih dari 500 orang. Tak hanya itu. Kurang dari 24 jam, sebuah meteor besar juga melintasi orbit bumi. Meteor 2012 DA12 disebut besar karena ukurannya tiga kali asteroid yang menghantam Rusia.
Kenapa meteor di Rusia tak terprediksi? Lembaga Astronomi Amerika Serikat, NASA, membahas hal ini. Menurut mereka, ada beberapa sebab kenapa tidak ada prediksi soal kedatangan meteor itu.
Pertama, ahli meteor Bill Cooke menilai, ukuran diameter meteor yang menghantam Rusia diperkirakan sudah menyusut hingga 17 meter. Dengan angka ini, meteor itu dianggap sebagai asteroid kecil. Berukuran mini, meteor ini mampu melaju dua kali lebih cepat dari meteor 2012 DA12.
Untuk melewati atmosfer, batu luar angkasa itu hanya memerlukan waktu selama 30 detik. Lalu pecah pada ketinggian 24 hingga 19 kilometer di atas bumi. Kala pecah inilah si asteroid menimbulkan gelombang kejut hingga memecahkan jendela dan tembok rumah warga di Chelyabinsk. Kekuatan energinya mencapai 500 kiloton, sementara jejaknya di langit sepanjang 480 kilometer.
“Ini adalah dampak meteorit terbesar yang tercatat sejak ledakan Tunguska pada tahun 1908,” kata Cooke.
Kedua, Paul Chodas, ilmuwan NASA yang berfokus pada obyek dekat bumi, menganggap datangnya meteor di siang hari dapat mengaburkan pengamatan. Hampir mustahil dapat mendeteksinya karena teleskop cuma mampu melihat meteor pada malam hari. “Jika terjadi di waktu malam, akan lebih terang dibanding matahari,” kata Chodas.
Para ilmuwan juga memverifikasi meteor Rusia tidak berhubungan dengan asteroid 2012 DA14. Sebab, ukuran asteroid 2012 DA14 tiga kali lebih besar, dengan rute perjalanan berbeda. Menurut Chodas, meteor yang menghantam Rusia rata-rata sekali dalam 100 tahun mendatangi bumi. Ancaman lebih besar ke bumi adalah asteroid besar, seperti yang akhirnya menyapu bersih dinosaurus.


sumber :: http://www.gosipartisindonesian.com/2013/02/alasan-meteor-rusia-tak-terdeteksi.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar